Selasa, 04 Februari 2020

Sejarah Lengkap Mola TV: Layanan TV Berbayar Asal Indonesia


Mola TV tentu sudah tidak asing lagi ditelinga para penggemar sepak bola Inggris. Pertama kali diluncurkan pada situs web pada 2 Juni 2019. Dari awal debutnya saja, Mola TV telah mencuri perhatian dari banyak orang berkat penayangan streaming Garuda Select vs Sheffield di Mola. Lalu, seperti apakah sejarah lengkap dari Mola TV? Yuk simak informasi berikut ini.

Sejarah Lengkap Mola TV: Layanan TV Berbayar Asal Indonesia

Sejarah Mola TV
Pada bulan Oktober 2018, Mola TV secara resmi bekerja sama dengan pihak Premier League untuk menayangkan Liga Premier Inggris di Indonesia dan Timor Leste pada musim 2019/2020 dan 2021/2022.

Mola TV hadir menggantikan beIN Sports yang sebelumnya menjadi pihak yang menayangkan Liga Premier Inggris. Menurut informasi yang beredar, Mola TV akan menayangkan sebanyak 380 pertandingan pada setiap musimnya dan berada di bawah naungan merek Mola Sports.
Tujuan awal dari pendirian Mola TV adalah memberikan layanan yang berkualitas tinggi kepada seluruh masyarakat Indonesia dan Timor Leste terlebih pada tayangan olahraganya. Salah satu tayangan lain yang menjadi andalan dari Mola TV adalah kejuaraan tenis Dunia Piala Davis.

Pada 2 Agustus 2019, Mola TV secara resmi diluncurkan pada penyelenggaraan Grand Launching yang di hadiri oleh tamu VIP di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta. Kabar baik kembali diberikan oleh Mola TV pada 2 September 2019.

Di tanggal tersebut, Mola TV secara resmi memegang lisensi penyiaran pertandingan PSSI dan bekerja sama dengan TVRI. Semenjak adanya kerja sama tersebut, Mola TV mulai menayangkan berbagai pertandingan sepakbola kebanggaan tanah air salah satunya adalah Garuda Select.

Pada 13 September 2019, Mola TV mengumumkan bahwa telah memegang izin resmi penayangan pertandingan final UEFA Euro 2020 dan bermitra dengan RCTI. Baru – baru ini, tepatnya pada tangga 13 Januari 2020 sisa pertandingan dari Bundesliga musim 2019 – 2020 mulai dari pekan ke 18 dan Liga Pemuda UEFA juga berpindah tangan dari Supper Soccer ke Mola TV.

Progam hak siaran
Ada empat progam hak siaran yang bisa dicapai oleh Mola TV, diantaranya :

·         Mola Sports 1
Mola Sports 1 adalah tayangan khusus dari Mola TV yang didedikasikan khusus untuk para penggemar Liga Premier Inggris. Tayangan yang ada pada Mola Sports 1 biasanya berupa pertandingan langsung, pertandingan klasik, majalah, dan highlights pertandingan. Namun tentunya, ada perbedaan antara acara yang disajikan oleh Mola TV dan yang bekerja sama dengan TV nasional.

·         Mola Sports 2
Berbeda dengan Mola Sports 1, Mola Sports 2 hanya menayangkan pertandingan dari cabang olahraga lainnya. Acara yang biasa ditayangkan pada Mola Sports 2 adalah balap, sepak bola, basket, badminton, tenis, balap, dan kombat. Kombat yang dimaksud disini adalah pertandingan olahraga berupa bela diri yang sering dipertandingkan.
Sebagai informasi apabila terdapat dua tayangan yang seharusnya tayang bersamaan, pertandingan yang ada di Mola Sports 2 akan dialihkan ke Mola Sports 1, Mola Kids, ataupun Mola Movies.

·         Mola Movies
Tidak semua orang menyukai acara olahraga, maka dari itu Mola TV pun menghadirkan channel siaran lain yakni Mola Movies. Mola Movies adalah layanan dari Mola TV yang bertujuan untuk menayangkan berbagai macam judul film baik Indonesia maupun mancanegara. Jadi, penonton tidak akan bosan karena hanya menonton pertandingan olahraga saja.

·         Mola Kids
Mola TV tidak hanya menyajikan tayangan khusus orang dewasa dan remaja saja. Ada program tayangan khusus yang didedikasikan untuk para anak – anak yang disebut Mola Kids. Di Mola Kids, ada berbagai tayangan berupa kartun anak yang bisa dinikmati kapan saja.

Demikian lah sejarah lengkap dan singkat dari Mola TV. Meski terbilang cukup baru di dunia penyiaran, Mola TV sudah berhasil menarik perhatian banyak orang.